Tiga Musuh Orang Benar

Dr. Agus Hermanto, Dosen UIN Raden Intan Lampung

Manusia yang senantiasa berada dijalan Allah swt, maka pertolongan akan datang dari Allah dan akan datang dari jalan yang tidak pernah disangka, dan Allah pun akan menempatkan kita pada derajat yang mulia,

إن تنصرالله ينصركم ويثبت أقدامكم

Jika engkau menolong agama Allah (Islam), maka Allah akan menolong mu dan menetapkanmu pada kedudukannya (kemuliaan). Jika engkau berada di jalan Allah, maka akan ada tiga musuh yang senantiasa menghalangi dan mengganggu serta menggodamu.

Pertama adalah sifat Hasad, sifat hasad biasanya timbul dari rasa iri atau timbul dari rasa benci, sehingga muncullah keinginan untuk menyakiti atau menyelakai orang lain. Karena hasad adalah sifat iri seseorang terhadap kenikmatan yang Allah memberikan kepada orang lain, sehingga hasad diperumpamakan api yang dapat melahap kayu bakar, ibarat hasad yang selalu menghancurkan kebaikan, dengan sifat hasad seseorang akan gelisah karena selalu ingin ikut campur dan tidak suka dengan nikmat kepada orang lain. Selalu mencari cara untuk dapat melepaskan kenikmatan tersebut kepada orang lain.

Kedua adalah sifat Sombong, sombong adalah sifat yang dimiliki oleh iblis, sehingga ia dilaknat dan dikutuk oleh Allah swt, karena kesombongan nya, sombong adalah sifat yang dapat menghancurkan diri kita, karena sombong adalah berbuat atau berucap yang tidak sesuai dengan kemampuan nya atau sesuatu yang dimilikinya.

Ketiga adalah sifat Jahil, jahil adalah bodoh atau sifat yang dapat menjadikan kita lalai dan lupa pada anugrah yang Allah memberikan kepada kita, kita diberi ilmu tapi enggan mengamalkan atau kita punya ilmu untuk sesuatu yang dapat menimbulkan mafsadat dan mudharat bagi orang lain.

Kita dianjurkan untuk selalu berbuat kebaikan dimana dan kapanpun, jika kita tidak bisa berbuat kebaikan, maka jagalah lisan dan tanganmu dari menyakiti orang lain agar menjadi shadaqah bagimu. (*)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *