Rizki, Jodoh dan Pati

Dr. Agus Hermanto, Dosen Fakultas Syariah UIN Raden Intan Lampung

Rizki adalah anugrah dan kenikmatan dari Ilahi, yang setiap orang tidaklah sama, sesuai anugrah yang diberikan kepadanya, sehingga dikatakan rizki tidak akan tertukar. Jodoh adalah pasangan hidup yang setiap orang mengharapkan nya, namun demikian, jodoh bukanlah hal yang diremehkan, karena pasangan kita akan sangat menentukan nasib rumah tangga dan keturunan serta perjuangan kita, namun demikian, jodoh juga hal yang sudah ditentukan oleh sang Kholiq. Begitu juga kematian adalah hal yang pasti, yang mana hal ini merupakan garis dan kepastian Ilahi, walaupun bersifat rahasia, namun pasti ada dan pembagiannya.

Tugas manusia hanya berikhtiar dan berdoa, berikhtiar dalam artian tetap berusaha dengan sekuat kemampuan dan tidak putus asa, doa merupakan bagian dari hal terpenting, karena sejatinya, ketika kita berdoa berarti kita sedang meminta dan mengharap ridho dari Allah swt. Maka dikatakan, usaha tanpa dia adalah sombong dan doa tanpa usaha adalah kosong dan sia-sia.

Ibadah adalah penyeimbang dalam kehidupan kita, di saat itu lah kita akan pasrah dan mengharapkan rahmat dan perlindungan dari Allah swt, karena tanpa bimbingan dan pertolongan Nya kita akan berada dalam kesesatan. Dalam mencari rizki, kita harus bersungguh sungguh dan tidak merasa bosan atau putus asa, karena setiap orang pasti telah dianugrahi jalan rizki, dalam kita memilih jodoh juga kita harus berusaha memilih yang terbaik, walaupun itu rahasia Ilahi tetaplah harus diikhtiari dan mohon bimbinganNya, begitu juga tentang kematian yang tidak pernah ada yang tahu kapan akan menjemput, rahasia di mata manusia namun pasti di hadapan Ilahi. Ketika hidup dan perjalanan kita tetap dalamindungan sang Kholiq, maka rahmat dan barokahnya selalu menyertai kita. Wallahualam. (*)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *