“Tentang Pembawa Perubahan”

Pemuda

Pergantian zaman akan selalu ditandai dengan bergantinya tantangan. Manusia akan selalu dituntut untuk segera menyelesaikan permasalahan hidupnya. Oleh karena itu diperlukan cara berfikir yang terbuka untuk menerima perubahan. Keterbukaan menerima tanda perubahan membuat manusia bisa tetap melangsungkan kehidupannya.

Ada beberapa konsep pengembangan kepemudaan. Pertama, pengembangan kepeimpinan yaitu tentang pengembangan potensi keteladanan. Bangsa ini tidak kekurangan keteladanan seorang peimimpin. Salah satunya adalah M.Natsir, beliau senantiasa memberikan keteladanan bagaimana dalam berdiplomasi yang apik ketika menjabat sebagai menteri penerangan. Kedua, tentang keberpengaruhan yaitu seberapa kita berpengaruh bagi aksioma masyarakat. Kita bisa lihat peran Ir. Soekarno dalam menyerukan semangat merebut kemerdekaan di mimbar-mimbar radio untuk meberikan pengaruh nyata kepada masyarakat. Ketiga tentang kepeloporan pemuda yaitu pengembangan potensi untuk menjawab tantangan permasalahan masyarakat.

Beberapa hal yang mengingatkan kita kembali sebagai seorang pemuda barangkali allah juga sudah ingatkan melalui firman-Nya “…Rebutlah apa yang kami berikan kepadamu dengan kekuatan dan dengarlah baik-baik” (Q.S Al Baqarah : 93). Ini adalah bentuk peran sebagai pebawa perubahan. Kalimat aktif Rebutlah menjadi tantangan yang hari ini harus dilakukan pemuda untuk mengapresiasi nikmat dari Allah SWT. Dan menegaskan bahwasannya pemuda memiliki energi yang besar untuk menyelesaikan tanggung jawab yang besar.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *