Burung-burung Mahal Coba Diselundupkan Lewat Bakauheni

LAMSEL – Burung-burung mahal coba diselundupkan dari Pelabuhan Bakauheni, Lampung Selatan. Setidaknya ada 2.721 burung  bernilai jutaan yang berasal dari Jambi diselundupkan lewat Pelabuhan Bakauheni, Lampung, Rabu 31 Juli lalu.

Setelah berhasil digagalkan, hewan piaraan tersebut kemudian dilepas di Tahura dan Lembah Hijau, Senin, 8 Juli 2019. Kepala Seksi Penindakan Balai Karantina Pertanian Anak Agung Oka mengatakan burung terdiri dari jalak, gelatik, perkutut, konin, pelatuk, pleci, kapodang, kacer, engkek, dan cucak. Sopir Bus Qitabaru K 1688 FB mengaku hanya dititip.

Menurut Anak Agung Oka, kali ini penyelundup menempatkan burung di bawah jok. Biasanya di bagasi atau di bagian atas. “Kami bersama Polres Lampung Selatan, sedang menyelidiki penjual dan pembelinya,” kata dia.
Kepala Seksi Konservasi BKSDA wilayah III Lampung dan Bengkulu Hifson Wahiri mengatakan, untuk sementara, mereka menempatkan dua ribuan burung tersebut di Taman Tahura, Padangcermin, dan Lembah Hijau, Bandar Lampung. (*)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *