Ada Gelombang Tinggi di Perairan Lampung, Begini Peringatan BMKG

BANDAR LAMPUNG (WAWAI.ID) – Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Stasiun Meteorologi Maritim Lampung memberikan peringatan dini potensi ketinggian gelombang hingga 3 meter di sejumlah wilayah Perairan Lampung.

Berdasarkan informasi prakiraan cuaca yang dirilis BMKG Maritim Lampung, Rabu (2/10/2019), tinggi gelombang berkisar 2 – 3 meter berpotensi terjadi hingga 3 Oktober 2019 pukul 19.00 WIB. “Peringatan. Ketinggian gelombang 2.0 – 3.0 berpotensi terjadi pada Perairan Barat Lampung, Selat Sunda Bagian Barat, Teluk Lampung Bagian Selatan, dan Samudera Hindia Barat Lampung,” tulis Rizki Cahyadi Okasumaendy, prakirawan BMKG Maritim Lampung.

Dalam keterangan kondisi sinoptik disebutkan bahwa terdapat Typhoon MITAG 965 hPa di Perairan Tiongkok, pusat tekanan rendah 1010 hPa di Samudra Pasifik timur Filipina, pola sirkulasi eddy di Samudra Hindia barat Aceh dan Kalimantan Tengah.

Pola angin di wilayah Indonesia bagian utara umumnya dari Tenggara-Barat Daya dengan kecepatan 4-15 knot sedangkan di wilayah selatan Indonesia dari Timur-Tenggara dengan kecepatan 4-20 Knot.

“Kecepatan angin tertinggi terpantau di Perairan Selat Sunda Bagian Selatan dan Samudera Hindia Barat Lampung. Kondisi ini mempengaruhi ketinggian gelombang,” ujar keterangan tersebut. (L77/W1)

Berikut data yang dirilis BMKG Maritim untuk prakiraan cuaca tanggal 3 Oktober 2019 berlaku pukul 07.00-19.00 WIB:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *