Wahrul Fauzi Silalahi dan Dinas Kelautan-Perikanan Lampung Sebar 105 Ribu Bibit Ikan Jelabat dan Baung

Wahrul Fauzi Silalahi (kemeja putih) menyerahkan bibit ikan jelabat kepada Pokmaswas Desa Rulung Raya, Natar.

 

NATAR (WAWAI.ID) – Ketua Komisi II DPRD Lampung Wahrul Fauzi Silalahi bersama Dinas Kelautan dan Perikanan Lampung mendistribusikan 105 ribu bibit ikan jelabat dan baung ke Desa Rulung Raya, Natar, Lampung Selatan, Senin, 28/6/2021.

Seratusan ribu lebih bibit itu dilepas di Sungai Way Tuba dan embung desa setempat.
Tujuan penebaran bibit ini untuk restocking atau pengadaan kembali bibit ikan di perairan darat di Lampung.

Jelabat dikenal sebagai ikan dengan protein yang tinggi dan cukup mahal nilai ekonominya.
Wahrul didampingi Sutaryono, Kepala Bidang Perikanan Tangkap Dinas Kelautan dan Perikanan Lampung.

Pengelolaan ikan ini diserahkan kepada Kelompok Pengawas Masyarakat atau Pokmaswas desa setempat yang dipimpin Yudi Haryono.

Sebelum melepas bibit ikan, diadakan acara seremoni di aula balai desa kemudian diteruskan pelepasan bibit ikan di Sungai Way Tuba dan embung desa setempat.

Wahrul mengatakan, bibit ikan ini diharapkan tumbuh dan berkembang. Ia meminta Pokmaswas mengawasi dengan ketat keberadaan ikan itu.

Caranya dengan memberi pengumuman tidak boleh mengambil ikan dengan setrum dan putas.

Khusus di embung, Wahrul juga meminta agar eceng gondok yang masih ada dibersihkan. Sehingga, ikan bisa tumbuh dengan baik.

Wahrul juga mendorong agar ada Kelompok Masyarakat Sadar Wisata atau Pokdarwis untuk mengelola embung sebagai sarana pariwisata desa yang bisa dikelola oleh Badan Usaha Milik Desa atau Bumdes.

Sutaryono, Kepala Bidang Perikanan Tangkap Dinas Kelautan dan Perikanan Lampung, menambahkan, bibit ikan baung dan jelabat ini diadakan untuk melestarikan jenis ikan ini di perairan setempat.

Ia memastikan agar embung yang dipergunakan sebagai habitat ikan tidak ada jenis predator di dalamnya. Sehingga, perkembangbiakan ikan bisa terjaga dan berkembang.

“Nanti tahun depan kita lihat, apakah ikan-ikan ini berkembang atau tidak. Harapan kita semua tentu berkembang dengan baik. Maka itu, Pokmaswas mesti memberi kesadaran kepada warga untuk sama-sama menjaga,” kata Wahrul Fauzi Silalahi.

Wahrul salut dengan kekompakan aparatur desa dan warga di Rulung Raya ini. Ia mengapresiasi kegesitan Pokmaswas dalam mempersiapkan pelepasan bibit ikan hari ini.

Ia yakin dengan kesolidan masyarakat, bibit ikan yang ditebar hari ini bisa besar dan hasilnya dapat dinikmati masyarakat.

Kepala Desa Rulung Raya Maryoto mengucapkan terima kasih atas bantuan ini. Ia berjanji akan berupaya semaksimal mungkin agar bibit ikan yang ditebar bisa tumbuh dan berkembang. Sehingga, masyarakat bisa ikut menikmati pada masa mendatang.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *