Sekelumit Kesan KKN di Desa Sendang Sari

TANJUNGBINTANG (WAWAI.ID) – Desa Sendang Sari merupakan salah satu Desa di Kecamatan Tanjung Bintang Kabupaten Lampung Selatan, jika ditinjau dari sisi antropolois, wilayah ini termasuk wilayah industri, yang mana banyak terdapat beberapa Pabrik dan Lahan Karet yang dikelola oleh Perusahaan.

Secara sosiologis, masyarakat di Desa Sendang Sari merupakan masyarakat buruh pada umumnya, selain bertani jagung, singkong dan berdagang. Namun demikian, masyarakat Desa Sendang Sari sangat antusias terhadap kedatangan dan kesediaannya terhadap para mahasiswa KKN UIN Raden Intan Lampung.

Hal ini diwujudkan pada saat kedatangan dosen dan para mahasiswa melakukan pra survey di awal kegiatan Kuliah Kerja Nyata, dengan mencarikan tempat yang layak dan strategis, meskipun sejatinya Desa ini termasuk kekurangan air. Adapun KKN para mahasiswa di Desa Sendang Sari melakukan beberapa kegiatan positif, diantaranya;

  1. Keterlibatannya pada acara 17 Agustus 2019 dengan turun meramaikan dan berpartisipasi dalam pengadaan lomba lomba di dalamnya.
  2. Mengadakan bimbingan belajar bagi para siswa tingkat Pendidikan Dasar.
  3. Membantu anak anak dan membimbing mereka untuk dapat membaca al Quran dan pemahaman agama.
  4. Mengadakan tong sampah guna menjaga lingkungan agar bersih dan nyaman
  5. Membantu kegiatan Idul adha dalam pelaksanaan shalat sampai pada penyembelihan Qurban.
  6. Mengikuti kegiatan pengajian bagi perempuan dan Yasinan pada malam jumat bagi laki laki, sebagai pembelajaran dan kenyataan masyarakat.
    Selain program tersebut di atas, para mahasiswa KKN juga mengadakan Kaligrafi di beberapa masjid sebgai kenangan, juga membina masyarakat dalam mengurangi dan memanfaatkan sampah balastik agar dikumpulkan, dijual dan dananya dapat dishadaqahkan pada anak anak miskin.
    Berbaurnya para mahasiswa KKN merupakan bagian dari nilai nilai positif yang dimiliki oleh mahasiswa kita. “Alhamdulillah mahasiswa dan masyarakat dapat berbaur dengan baik. KKN ini membuat mahasiswa menjadi dewasa dan masyarakat Desa juga terbantu dengan program-program yang telah dilakukan oleh mahasiswa selama KKN,” kata Dosen Pembimbing Lapangan Desa Sendang Sari, Agus Hermanto, saat menceritakan pengalamannya selama membimbing mahasiswa KKN di desa tersebut, Minggu, (8/9/2019). (RUD/W2)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *