Puluhan Mahasiswa Demo Bupati Pesisir Barat

PESIBAR – Puluhan mahasiswa yang tergabung dalam Himpunan Mahasiswa Pemuda Pesisir Barat melakukan aksi di depan Kantor Pemkab setempat, Rabu, 12 Juni 2019. Mereka memprotes penggusuran sejumlah gedung sekolah yang terjadi sejak tahun 2017.

Mahasiswa melakukan long march dari Tugu Tuhuk menuju Kantor Pemkab. Aksi ini mendapat pengawalan ketat dari aparat kepolisian dan Satpol PP. Bahkan antara pengunjuk rasa dengan aparat sempat terjadi aksi saling dorong.

Menurut mahasiswa, Pemerintah Pesisir Barat telah mengabaikan dan tidak memprioritaskan pendidikan. Hal itu terbuktii adanya penggusuran gedung pendidikan yakni  SDN 3 Pasar Krui dan SMPN 1 Pasar Krui pada tahun 2017. Setelah penggurusan itu, sampai sekarang belum ada kejelasan kapan dibangun kembali. “Kami meminta kepastian kapan dibangunnya sarana dan prasarana pendidikan dari Pemkab Pesisir Barat,” kata koordinator aksi, Fahmi.

Menurutnya, mahasiswa telah melakukan kajian secara mendalam dan lahirlah tuntutan kepada Pemkab Pesisir Barat, yakni  mempercepat pembangunan gedung pendidikan yang telah dihancurkan. Kedua, tidak melakukan pengusuran kembali sarana dan prasarana pendidikan dan ketiga membenahi secepatnya  gedung sekolah. (*)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *