Mudir dan Pengelola Ma’had PTKIN Kumpul di Tulungagung

TULUNGAGUNG – Mudir Ma’had Aljamiah UIN Raden Intan Lampung, Ustadz Kamran, LC., MSI bersama pengurus menghadiri Gorum Grup Discusion (FGD)  seluruh Mudir se-Indonesia yang diadakan di Tulungagung, Jawa Timur. Acara ini merupakan ajang pemersatu visi dan misi Ma’had menuju kancah Lembaga Kema’hadan.

Adapun tema yang diangkat adalah Menyamakan Persepsi bahwa Pusat Ma’had Aljamiah Sebagai Basis Kekuatan Mental dan Spiritual. Kegiatan ini tidak hanya melibatkan saya, akan tetapi setiap Mahad diharapkan mengirim beberapa pengelola atau pengurus untuk diskusi dan sharing seputar Kemahadan. Kegiatan berlangsung dari tanggal 28 Juni Sampai 1 Juli 2019.

Adapun agenda yang berlangsung meliputi: pembukaan kegiatan, pembagian komisi masing-masing Mudir dan pengurus Ma’had untuk diskusi dan sidang pleno terkait pewujudan visi dan misi Mahad.

Berdasarkan keputusan bersama, dihasilkan sidang pleno sebagai berikut: Seluruh Mudir sepakat mengusulkan Ma’had sebagai Lembaga dengan mempertimbangkan kepentingan visi misi serta esensi pendirian Ma’had.

Ma’had Al-jamiah antusias menyelenggarakan Ma’had ‘Aly. Apresiasi penting yang perlu diperhatikan bahwa landasan dari pendirian Mahad Aljami’ah ialah karena minimnya pemahaman keagamaan mahasiswa khususnya di lingkungan PTKIN.

“Untuk itu Ma’had Aljamiah berkontribusi, turut andil dalam penanganan tersebut. Semestinya, seluruh mahasiswa baru yang masuk dalam perguruan PTKIN wajib untuk tinggal di Ma’had. Namun, mengingat daya tampung masing-masing perguruan tinggi dengan kesiapan fasilitas dan pengelola yang minim, maka hanya sebagian mahasiswa yang dapat mengenyam tinggal di Ma’had dengan kategori tertentu,” kata Ustadz Kamran, Senin, (7/1/2019).

Ketua Forum Mudir Mahad Al-jamiah se-Indonesia dari UIN Maulana Malik Ibrahim, Malang, Dr.H.Akhmad Muzakky,MA, mengatakan, perlu penegasan dan tindaklanjut sinergitas antara Mudir dengan Rektor, supaya keseragaman dan pemberdayaan Mahad intens diperhatikan. (*)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *