Mahasiswa UIN Juara Debat Konstitusi MPR

BANDAR LAMPUNG – Mahasiswa Fakultas Syariah UIN Raden Intan Lampung keluar sebagai juara debat konstitusi Majelis Permuswaratan Rakyat (MPR) RI yang berlangsung di Tanggerang, Banten, 1-2 Maret 2019.

Debat yang diikuti mahasiswa Fakultas Syariah (FS) UIN ini merupakan tingkat regional Provinsi Lampung dan Banten. Selanjutnya, UIN Lampung memiliki tiket untuk mengikuti debat konsitusi tingkat Nasional yang dijadwalkan pada Agustus 2019.

UIN Lampung berhasil unggul atas Universitas Lampung (Unila), Universitas Sultan Ageng Tirtayasa (Untirta) Banten, dan Universitas Pelita Harapan (UPH) Tangerang Banten. Personil tim debat UIN terdiri dari Rini Novita Sari, Eka Kurnia Sari, dan Panggih Padila Paramadina.

Rini Novita Sari mengaku haru dan bangga atas prestasi yang diraihnya tersebut. “Alhamdulillah, segala upaya dan doa yang kami lakukan selama ini membuahkan hasil yang baik,” ujar mahasiswa prodi Muamalah semester VI itu. Rini bersama tim menyampaikan akan tetap berlatih untuk mempersiapkan debat tingkat nasional mendatang.

Menurut Dosen Fakultas Syariah yang juga sebagai pendamping mahasiswa, Yasin Al-Arif mengaku cukup puas dengan penampilan mahasiswanya. “Alhamdulillah makin hari kemampuan mahasiswa kita makin baik. Mudah-mudahan nanti juara lagi,” kata Yasin, Senin, (4/3/2019).

Dekan FS Dr Alamsyah MAg. Alamsyah mengapresiasi atas apa yang diraih mahasiswanya tersebut. Pada kesempatan tersebut, Dekan FS ini juga menyaksikan secara langsung jalannya debat. Ucapan selamat dan apresiasi pun mengalir dari sivitas akademika UIN termasuk Rektor UIN Prof Dr Moh Mukri MAg. Menurut rektor, prestasi yang diraih mahasiswa FS itu membanggakan lembaga. Sebelumnya, tim debat ini berhasil meraih juara dua debat hukum Islam tingkat Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (PTKIN) Se-Indonesia pada akhir Oktober 2018 di UIN Syarif Hidayatullah Jakarta. (*)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *