Massa Demo Desak Bupati Pesawaran Copot Kades Mesum

GEDONGTATAAN – Massa yang berjumlah ratusan orang dari Desa Tanjungrejo, Kecamatan Negeri Katon, Kabupaten Pesawaran, menggelar aksi demonstrasi di depan Kantor Bupati setempat, Senin (1/7/2019). Mereka menuntut bupati mencopot kades yang diduga telah melakukan perbuatan asusila.

Aksi demo yang diikuti oleh warga Tanjung Rejo, Negeri Katon, tersebut menuntut agar Kepala Desa Tanjung Rejo, Sanjaya dicopot karena diduga melakukan perbuatan mesum pada 15 Juni 2019 lalu.

“Warga menuntut agar Bupati Pesawaran Dendi Ramadhona mencopot kades Tanjung Rejo karena melakukan  perbuatan mesum dan sudah digerebek warga. Masyarakat sudah tidak mau lagi dimpin Sanjaya,” kata salah seorang pengunkjuk rasa, Kariyono.

Hal senada dikatakan warga lainnya. Masyarakat mendesak Bupati Dendi untuk mencopot jabatan Kepala Desa Tanjung Rejo yang diduga melakukan mesum dengan salah satu perangkat desanya. “Kami tidak rela kalau kampung kami dipimpin oleh Kades mesum, karena ini bisa merusak semuanya, terutama kami warga merasa sangat kecewa,” kata Pipit.

Asisten I Pemkab Pesawaran, Syukur, mengatakan, Bupati tidak bisa menemui para pengunjuk rasa karena sedang dinas di luar kota. Namun pihaknya berjanji akan tetap menindaklanjuti tuntutan warga dengan menurunkan tim inspektorat ke desa. “Nanti inspektorat turun ke desa untuk memeriksa,” kata Syukur.

Usai aksi di kantor bupati, massa melanjutkan aksinya di Kantor DPRD Pesawaran. Di tempat itu, mereka menyampaikan tuntutan yang sama. Ketua DPRD Pesawaran, M. Nasir, mengatakan, pihaknya akan merekomendasikan pemerintah daerah untuk menonaktifkan kades tersebut. “Hari ini kami membuat surat rekomendasi kepada bupati Pesawaran,” kata Nasir. (*)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *