Komitmen Bersih Narkoba, MAN I Metro Tes Urine Siswa Baru

METRO – Madrasah Aliayan Negeri (MAN) I Metro melakukan tes urine dan sidik jari bagi siswa baru tahun ajaran 2019. Kegiatan itu sebagai bentuk komitmen sekolah tersebut untuk tetap bersih dari narkoba.

Acara itu dipusatkan di Kampus II, Minggu, (7/4/2019). Panitia bekerjasama dengan Laboratorium Unyai Kota Metro. Menurut Kepala MAN 1 Metro, Antoni Iswantoro, melalui Waka Bidang Humas, Khabib Wahyono, tes ureine bagian dari upaya melakukan pencegahan dini terhadap penyalahgunaan narkotika dan obat-obatan terlarang di kalangan pelajar.

Menurutnya, pihaknya menggelar tes urine bagi siswa baru dengan tujuan ke depan siswa-siswi MAN 1 Metro benar-benar bebas dari penyalahgunaan narkoba. “Tes urine bagi siswa ini juga merupakan program dari Kementerian Agama. Tujuannya jelas, agar siswa-siswi madrasah khususnya, bebas dari penyalahgunaan narkoba,” kata Khabib.

Dia menjelaskan, selain tes urine, pelaksanaan tes yang dilaksanakan bekerjasama dengan Laboratorium Unyai Kota Metro, yang sudah terakreditasi dan berdasarkan rekomendasi Badan Narkotika Nasional (BNN), juga dilakukan sidik jari bagi siswa. “Tujuan sidik jari yakni untuk mengetahui bakat dan minat siswa, sehingga memudahkan proses penjurusan,” jelas dia.

Mayda Yudi Bahtera, petugas Laboratorium Unyai menjelaskan, pelaksanaan tes urine merupakan rangkaian screening untuk mendeteksi penyalahgunaan narkoba, yang parameternya meliputi amphetamine, tetrahydrocannabiol (THC) atau ganja dan segala turunannya, serta morphine. “Dengan tes urine ini, jika hasilnya positif maka kemungkinan besar dia menggunakan narkoba,” kata dia. (*)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *