Dinas Pertanian Metro Realisasikan Program Percepatan Tanam Padi

METRO (WAWAI.ID) – Dinas Ketahanan Pangan, Pertanian, dan Perikanan Kota Metro melaksanakan Gerakan Percepatan Tanam Padi MT. III Tahun 2019, Jumat (20/9/2019). Kegiatan tersebut digelar di lahan Persawahan Kelompok Tani Srirejeki 2 kelurahan Karangrejo Kecamatan Metro utara.

Acara tersebut dihadiri  Wali kota metro, Achmad Pairin berserta seluruh jajaran SKPD Kota Metro, dan Personil Kodim 0411/LT, Personil Polsek Metro utara, serta segenap anggota Kelompok Tani yang ada dikota Metro.

Kepala Dinas Ketahanan Pangan, Pertanian dan Perikanan, kota Metro,  Hery Wiratno mengatakan kegiatan ini merupakan upaya pelaksanaan pencapaian target kementerian pertanian dan Dinas Tanaman Pangan Hortikoltura Provinsi Lampung serta pendampingan dari TNI di kota Metro.

“Adapun Luas tambah tanam padi 2.500 ha, yang merupakan hasil kesepakatan bersama, pada awal bulan september 2019. Dan telah tersalurkan Bantuan Benih dari Pemerintah Pusat kepada 134 kelompok Tani dikota metro sejumlah 62,5 ton, dengan fungsi Irigasi seluas 2.923 hektare,” kata Hery.

Penanaman Bibit Padi menggunakan Mesin Tanam Jenis Garwo oleh Wali koto. Wali Kota menjelaskan Luas lahan Padi di kota Metro 2984 ha, namun yang 4 hektare masih berupa lalahan, semuanya mendapat jatah Air sehingga bisa tanam ada yang dua kali dan ada yang tiga kali.

 “Ada daerah daerah yang untuk mencapai dua kali yang perlu bukan pengairan Alam tetapi dengan Upaya contohnya sumur Bor, dan ada yang menggunakan air Kali. Luas 2980 itu hasilnya sementara adalah 18.000 ton,” ujarnya. (MUZ/W1)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *