Festival Kopi Bikin Kopi Lampung Makin Mendunia

LAMBAR – Pemerintah Kabupaten Lampung Barat menggelar festival kopi di Rigis Jaya, Air Hitam, yang dibuka Selasa (9/7/2019). Acara itu diyakini membuat kopi Lampung makin mendunia.

Festival kopi itu dihadiri Ketua MPR RI, Zulkifli Hasan, Gubernur Lampung Arinal Djunaidi, dan Ketua Dewan Kopi Indonesia yang juga mantan Menteri Pertanian, Anton Apriyantono. Kegiatan itu menampilkan berbagai cita rasa kopi.

Gubernur Lampung Arinal Djunaidi optimis Lampung menjadi sentra kopi terbesar dibandingkan daerah lainnya di Sumbagsel, karena memiliki pelabuhan. “Kopi Lampung sudah sangat dikenal. Festival kopi ini akan membuat kopi kita makin dicintai dunia,” kata Arinal.

Bupati Lampunh Barat Parosil Mabsus, dalam sambutannya, mengatakan berbagai masalah kopi, terutama harga pada saat panen, bisa diatasi dengan rencana Gubernur Lampung mengundang para eksportir ke Lampung Barat.

Ketua Dewan Kopi Indonesia  Anton Apriantono menggarisbawahi tiga poin untuk memajukan kopi, mulai dari bersatunya para petani, memperbaiki kualitas, dan meningkatkan konsumsi dalam negeri.

Festival juga menjadi tempat pelantikan Dewan Kopi Lampung, yang diketuai Mukhlis Basri, mantan Bupati Lampung Barat, yang beberapa saat lagi menjadi anggota DPR RI. Mantan Menteri dari PKS itu juga meminta petani kopi Lampung Barat menjaga kualitas dan produktivitas. Dengan demikian, kopi asal Lampung Barat tetap punya kualitas ekspor.

Anton yang juga pernah menjabat Menteri Pertanian era Presiden Yudhoyono mengatakan, kopi asal Lampung Barat ke depan diekspor dalam bentuk olahan. “Jangan dalam bentuk biji saja,” ujar dia. Anton meminta setiap proses pengolahan kopi diperhatikan dengan baik. Dia juga meminta petani dan produsen kopi untuk menjaga ciri khas. (*)

(*)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *